Your Ad Here

Tips Menaklukkan Ikan


Rekan Mancing Mania [MM] yang lupa waktu kalau sudah megang pancing, kita semua mengetahui bahwa saat terindah dalam memancing adalah ketika umpan kita disambar ikan. Peristiwa ini membuat kita sangat senang karena apa yang diharapkan akhirnya terjadi.

Namun gerakan ikan yang memberontak melebihi kekuatan benang / kenur dapat menyebabkan benang kita putus. Untuk Itu perlu kita lakukan langkah - langkah berikut:


1) Setel drag pada posisi setengah dari posisi mati (terkunci penuh) atau sesuai perkiraan kita sendiri, jangan biarkan drag dalam keadaan terkunci penuh. Biarkan ikan yang terpancing melarikan benang, lalu arahkan joran berlawanan dengan arah lari ikan.
2) Bila ikan merubah arah, segera kita gulung ril untuk menambah tekanan drag. Namun bila tenaga ikan masih besar, kurangi posisi drag dan biarkan ikan kembali melarikan benang. Segera ubah posisi joran bila ikan berusaha lari ke arah lain.
3) Posisi joran harus selalu berlawanan dengan arah ikan. Yang paling penting kita jangan panik, lakukan gerakan tarik ulur ini secara sabar terutama untuk ikan yang berukuran besar. Ikan akan menjadi lemah akibat daya lentur joran dan beberapa kali tarik ulur, lalu segera gulung benang dengan gerakan memompa.
4) Bila ikan telah dekat, kita harus ekstra hati-hati terhadap gerakan tiba-tiba dari ikan yang memberontak, yang penting posisi drag ril jangan sampai terkunci penuh agar benang dapat dilarikan ikan bila ternyata masih mempunyai sisa tenaga yang besar. Karena apabila ikan yang kita dapat ternyata berukuran super, maka perlawanan sebenarnya adalah saat ikan sudah begitu dekat dengan kita.
5) Lakukan langkah 1, 2, 3 dan 4 untuk menaklukkan ikan yang akan menjadi cerita dalam sejarah memancing kita.
Selamat Mencoba ...